Powered By Blogger

6 Jan 2011

Muslim menuntut haknya, pemimpin Gereja Ortodoks Yunani justru meradang

Muslim di Siprus-Yunani mendirikan "Dewan Tertinggi Muslim Siprus" dan menuntut pengembalian kompleks Hala Sutan Tekke, yang kemudian menyulut kemarahan uskup agung Yunani.

Dua puluh orang anggota organisasi itu berupaya mengambil kembali kompleks masjid, karena pemerintah Yunani dilaporkan berencana mendirikan tempat hiburan malam di area masjid. Menurut koran Yunani Simerini (5/1), mereka mengusung bendera Kesultanan Ustmani, bendera angkatan laut Kesultanan Ustmani serta sebuah kapal yang dihiasi kaftan Kesultanan Ustmani.

Imam Sakip, presiden dewan tersebut berbicara kepada Stigma TV dan mengekspresikan keresahannya atas keputusan pemerintah Siprus-Yunani yang memperbolehkan pendirian tempat hiburan 20 meter dari Hala Sultan Tekke. Menurutnya, pihak pemerintah tidak menunjukkan rasa hormat atas tempat-tempat peribadatan Muslim.

"Saya ingin menyampaikan pesan ini kepada Republik Siprus (bagian Yunani) bahwa Anda harus menjadi contoh dari sebuah negara Eropa," katanya. "Untuk menunjukkannya, Republik Siprus harus menyerahkan kembali kunci Hala Sultan Tekke dan properti di sekitarnya kepada asosiasi (dewan Muslim)."

Dewan Tertinggi Muslim Siprus akan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk meminta kembali area seluas ratusan hektar yang mengelilingi Hala Sultan Tekke di sekitar Danau Garam Larnaca.

Sementara itu, uskup agung dari Gereja Ortodoks Yunani Chrysostomos II justru berekasi marah atas pembentukan dewan Musim tersebut beserta tuntutan yang diajukannya. Dia merasa dipersalahkan atas kondisi buruk yang dialami tempat peribadatan Muslim.

Chrysostomos II mengancam, jika Muslim dari asosiasi tersebut mengunjunginya, maka dia akan menunjukkan betapa baiknya kondisi tempat ibadah Muslim dan menunjukkan monumen Kristen dari abad ke-12, 13, 14 dihancurkan satu persatu di wilayah utara.

Hala Sultan Tekke merupakan tempat paling bersejarah peninggalan Islam di daerah Larnaca, yang dibangun oleh pasukan Muslim saat penaklukan wilayah itu. Menurut cerita, Ummu Haram bibi Rasulullah SAW yang pernah mengasuh beliau dimakamkan di dekat danau garam. Baca berita sebelumnya Muslimin Marah Bar Dibangun di Halaman Masjid Hala.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger