Powered By Blogger

1 Jan 2011

Perut Gendut Rawan Kanker

Resiko berlaku bagi pria dan wanita yang memiliki banyak lemak di perut

Kebanyakan orang mengira jumlah laki-laki dengan ukuran perut besar lebih banyak dibandingkan wanita. Tapi kenyataannya, justru jumlah kaum hawa yang memiliki perut besar lebih tinggi, setidaknya di Inggris.

Menurut catatan pemerintah, sekitar 44% wanita di Inggris memiliki lingkar pinggang yang rawan kanker serta penyakit lain. Bandingkan dengan 32% di kalangan pria.

Menurut para pakar, ukuran pinggang yang sehat bagi wanita adalah kurang dari 80cm atau 31,5inci. Sementara untuk pria kulit putih dan hitam sebaiknya di bawah 94cm atau 37inci. Pria Asia diwanti-wanti menjaga perut mereka agar tidak membesar melebihi 90cm atau 35inci.

World Cancer Research Fund (WCRF) menganjurkan pria dan wanita yang memiliki ukuran pinggang besar agar melangsingkan tubuhnya. Perut yang besar menandakan jumlah lemak dalam perut banyak, sehingga meningkatkan resiko terkena kanker.

Di Inggris, 29% pria dan 26% wanita dengan ukuran pinggang ekstra besar beresiko menderita kanker. Kanker yang berhubungan dengan lemak di perut antara lain kanker perut, pankreas, payudara dan rahim. Besarnya ukuran perut juga meningkatkan resiko diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

Rachel Thompsoon dari WCRF menyarankan agar orang-orang mengukur dan memperhatikan lingkar pinggang dan body mass index mereka.

Kegemukan pada perut, kata David Haslam dari Forum Obesitas Nasional Inggris, merupakan alat kunci dalam memperkirakan resiko perkembangan penyakit jantung dan diabetes seseorang.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger