Powered By Blogger

30 Jan 2010

Uranium

Bangunan-bangunan Gaza yang hancur terkontaminasi DU, sebagaimana dicurigai selama ini bahwa Israel menggunakan senjata terlarang

Hidayatullah.com--Sebuah kelompok aktivis Palestina yang berpusat di London mengumumkan hasil temuan mereka bahwa bangunan-bangunan yang rusak dan hancur di Jalur Gaza akibat serangan Israel Januari lalu, semuanya menunjukkan terkontaminasi depleted uranium (DU).

"Bangunan yang rusak dan puing-puing yang ditinggalkan Israel setelah serangannya ke Gaza, terkontaminasi dengan depleted uranium dan senjata-senjata sejenisnya," kata Sameh Habeeb, jurubicara Palestinian Return Center di London sebagaimana dikutip Farsnews (26/1).

Mengutip keterangan para ahli nuklir internasional, ia mengatakan bahwa barang-barang yang terkontanimasi DU dan lainnya akan sangat merusak dan berbahaya bagi penduduk Palestina dalam jangka waktu lama.

Habeeb mengkritik PBB karena tidak mampu memberikan bantuan kepada rakyat Palestina secara layak. Lembaga internasional itu sengaja tidak melakukan tindakan untuk membersihkan daerah-daerah yang terkontaminasi.

Habeeb dan kelompoknya menyeru agar PBB melakukan pemerikasaan atas senjata-senjata yang digunakan pasukan Israel selama perang 22 hari di Gaza tahun lalu.

Israel mulai menyerang Jalur Gaza pada 27 Desember 2008 dan berhasil membunuh 95 pejuang perlawanan Palestina. Selain itu mereka juga menjadikan wilayah pemukiman penduduk, masjid, dan pusat-pusat kesehatan sebagai target.

Serangan besar-besaran Israel tersebut menewaskan sedikitnya 1.400 penduduk sipil Palestina, yang kebanyakan perempuan dan anak-anak. Para pejabat dari berbagai lembaga internasional telah menegaskan bahwa Tel Aviv menggunakan senjata-senjata yang dilarang dan menggunakan taktik teror. Korban di pihak Israel dalam perang itu hanyalah sekitar 13 orang, termasuk di antaranya 10 tentara.

Biro Pusat Statistik Palestina memperkirakan kerusakan yang disebabkan Israel mencapai nilai USD 2 milyar. [di/plt/www.hidayatullah.com]


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger