Powered By Blogger

15 Agu 2010

Keuskupan Surabaya Bangun Seminari Pencetak Calon Pastur

Dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi, menempati gedung lima lantai dan akan menyiapkan calon pastur

Hidayatullah.com—Bertempat di wilayah Keputih Surabaya, tepatnya di perumahan Pakuwon City, Surabaya, Keuskupan Surabaya akhirnya menetapkan pembangunan Seminari Tinggi Providentia Dei. Gedung baru yang permanen ini khususkan untuk mencetak para calon pastor di Keuskupan Surabaya. Upacara peletakan batu pertama dilakukan pada 7 Agustus lalu dihadiri sekitar 200 orang.
Pembangunan Seminari Tinggi Providentia Dei di Keuskupan Surabaya , yang diperkirakan menelan biaya 20 miliar rupiah.
Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono mengatakan seminari yang dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi itu, dirancang guna memberikan kesempatan kepada para frater “untuk memperdalam iman dan mempersiapkan diri mereka untuk melayani umat Katolik setempat.”
Keputusan untuk membangun seminari tersebut didorong oleh kebutuhan keuskupan untuk mendapat imam baru “guna melayani umat keuskupan dan membantu mereka mengatasi permasalahan hidup,” kata Pastor Yohanes Padmono Hapsara Jelantik kepada ucanews.com.
Rencananya, gedung seminari ini berada satu kompleks dengan kampus Universitas Katolik Widya Mandala.
"Rupanya, panitia memilih tanggal istimewa untuk peletakan batu pertama, yakni 7 Agustus 2010, pukul 09.00. Jadi, angkanya gampang diingat: 7, 8, 9, 10," ujar Fransiskus Joko, staf Keuskupan Surabaya, kemarin.
Didirikan Mgr Sutikno pada 4 Agustus 2009, Seminari Providentia menempati gedung sementara di Hening Griya, Jl Jemur Handayani Surabaya. Sejak awal uskup asli Tanjung Perak, Surabaya, ini bertekad membangun gedung yang layak sebagai kawah candradimuka para calon pastor di masa depan. Lantas, dibuatlah desain gedung yang megah lima lantai.
Rencananya proyek pembangunan seminari tinggi ini akan rampun pada bulan Mei 2011.
"Mudah-mudahan rencana pembangunan gedung seminari berlangsung mulus," kata salah satu tokoh umat Katolik di Surabaya.
Selama ini para calon romo yang akan bertugas di Keuskupan Surabaya menempuh pendidikan, pembinaannya ditititkan di Seminari Widya Sasana Malang. [uca/hur/hidayatullah.com]
Foto: Uskup Surabaya Vincentius Sutikno Wisaksono meresmikan pembangunan Seminari Tinggi Providentia Dei [dari hurekblog]


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger