Powered By Blogger

9 Agu 2010

NTB Bangun Islamic Centre Berkapasitas 15.000 Orang

Pembangunan “Islamic Center” itu akan berlangsung dalam dua tahun sehingga diperkirakan paling lambat tahun 2012

Hidayatullah.com--Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengagendakan pembangunan masjid berkapasitas 15.000 orang dalam kompleks pusat keislaman (Islaim Center) di Mataram, Pulau Lombok.

“Dalam perencanaan, masjid yang akan dibangun di `Islamic Center` itu berkapasitas 15.000 orang,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Rosyadi Sayuti, di Mataram, Ahad (8/8).

Sejauh ini Pulau Lombok NTB, dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid, belum memiliki masjid besar yang mampu menampung jamaah lebih dari 5.000 orang. Karena itu, dipandang penting untuk membangun masjid dengan kapasitas belasan ribu orang sebagai induk dari ribuan masjid yang ada.

Menurut Sayuti, pembangunan “Islamic Center” di jantung Kota Mataram itu akan berlangsung dalam dua tahun sehingga diperkirakan paling lambat tahun 2012 NTB telah memiliki kawasan pusat keislaman.

Kini, sedang disusun rencana detail atau yang dikenal dengan DED (Detail Engineering Design) `Islamic Center` Mataram yang dijadwalkan rampung akhir Desember mendatang atau selama setahun penyusunan.

DED itu merupakan tindaklanjut dari hasil karya kelompok diskusi Puddezoe yang memenangkan lomba “grand design” Islamic Center di Pulau Lombok.

Puddezoe mendesain sembilan elemen gedung pendukung “Islamic Center” atau hampir mendekati 12 fungsi keislaman antara lain tempat ibadah, perpustakaan, museum, pusat pendidikan, fasilitas olahraga termasuk kolam renang muslimah dan muslimin.

Pusat pendidikan itu mencakup gedung TK, SD, SMP dan SMA serta “community College” dan gedung pengkajian keislaman, dan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Juga ada kompleks komersial yang terdiri dari tiga unit bisnis yakni hotel, gedung konvensi dan perkantoran,” ujarnya.[ant/hidayatullah.com]


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger