Powered By Blogger

6 Jan 2011

Hakim Saudi Percaya Sumiati Disiksa

Berdasarkan foto, kata hakim, semua orang tahu jika Sumiati dipukuli oleh orang lain

Sumiati binti Salan Mustapa, 23, menunjukkan kepada hakim luka-luka, khususnya di kepala, yang dideritanya. Demikian keterangan yang diberikan oleh Diddi Wahyudi dari Konjen RI di Jeddah sebagaimana dilansir Arab News (6/1).

Majikan perempuan Sumiati ditangkap dengan tuduhan melakukan pemukulan hingga pembantu rumah tangga asal Indonesia itu menderita patah tulang dan pendarahan di dalam. Sang majikan juga dituduh menyeterika kepala Sumiati serta menikam dan menyayatnya dengan gunting.

Saat dengar pendapat, majikan Sumiati "menyangkal semuanya, mengatakan bahwa pembantunya memukuli dirinya sendiri," kata Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, ketika hakim diperlihatkan foto luka-luka yang dialami Sumiati, hakim mengatakan bahwa dari foto itu semua orang tahu kalau Sumiati dipukuli oleh orang lain.

Dia juga mengatakan bahwa putra majikan Sumiati sebelumnya telah bersaksi memberatkan ibunya. Sidang selanjutnya akan digelar satu pekan lagi.

Ahmad Al-Rashid, pengacara majikan Sumiati, mengatakan kliennya tidak bersalah dan berhak atas kompensasi untuk kerugian mental, kesehatan dan sosial yang dideritanya. Dia juga berupaya agar kliennya bisa dibebaskan dari tahanan dengan membayar uang jaminan. Namun, pengacara itu juga tidak yakin bahwa hakim akan mengabulkan permintaannya Ahad pekan mendatang.

Berbicara di pengadilan, Sumiati didampingi dua penerjemah. Seorang petugas dari Konjen RI di Jeddah juga mendampinginya.

Menurut Wahyudi, keadaan Sumiati sangat mengenaskan. "Dia tidak punya apa-apa, bahkan dia tidak punya satu pun abaya. Sumiati, katanya, ingin agar majikan perempuannya dihukum berat.

Mengenai kasus pembantu rumah tangga Indonesia lainnya, Kikim Komalasari, pemerintah Indonesia terus berupaya menyelesaikannya. Kikim ditemukan tewas di dekat kota Abha awal Nopember silam. Dua orang majikannya, kata Wahyudi, telah ditangkap terkait kematian Kikim.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger