Powered By Blogger

11 Des 2010

Para Ahli Minta Obama Ubah Strategi di Afghanistan

Kondisi lapangan di Afghanistan itu lebih buruk daripada tahun lalu

Para ahli internasional menganjurkan kepada Presiden Barack Obama agar mengubah strategi di Afghanistan yang lebih mengandalkan serangan militer. Sebagai gantinya, diserukan untuk melakukan negosiasi dengan Taliban. Demikian dilansir Islammemo.cc (11/12).

Sebanyak 23 peneliti, jurnalis dan beberapa pejabat organisasi non-pemerintah di Afghanistan, telah menulis surat yang dialamatkan kepada Obama, "Kami meminta kepada Anda agar mendukung dialog dan negosiasi langsung dengan Taliban Afghanistan yang berada di Pakistan."

Surat tersebut dikeluarkan pada hari Sabtu (11/12). Di antara yang menandatangani surat tersebut adalah peneliti Prancis Gilles Doronssoro dan peneliti Italia Antonio Giostowczy, serta jurnalis Pakistan Ahmad Rasyid.

Para penandatangan surat tersebut menyerukan kepada Obama agar mengubah strateginya, serta menyoroti kegagalan serangan militer Amerika dan NATO di Kandar dan Helmend, tempat perlindungan utama Taliban.

Mereka juga mencatat bahwa biaya perang yang dihabiskan oleh Amerika saja sudah melebihi 120 miliar dolar, dan ini tidak mungkin dapat bertahan dalam jangka panjang. Belum lagi kerugian korban jiwa, terutama di pihak tentara Barat.

Surat tersebut juga menjelaskan bahwa kondisi lapangan di Afghanistan itu lebih buruk daripada tahun lalu, karena Taliban sudah membuat beberapa kemajuan dalam negeri.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger