Powered By Blogger

19 Des 2010

Parleman Hungaria Akan Loloskan RUU Media

Ketentuan obyektivitas berita media ditentukan Dewan Media. Yang melanggar mendapat denda berat

Senin ini, parlemen Hongaria akan melakukan pemungutan suara mengenai RUU Media. Banyak pengamat menilai, ketentuan dalam RUU tersebut memuat berbagai peraturan yang sangat mengikat.

Antara lain, ketentuan bahwa pemerintah berhak mengangkat anggota Dewan Media (Dewan Pers), yang menentukan persyaratan moril dan obyektivitas, bagi suatu publikasi. Pelanggaran terhadap persyaratan tersebut, akan menghadapi ancaman hukuman denda.

Besar denda bagi lembaga penyiaran seperti radio dan televisi bisa mencapai 700.000 euro. Dan bagi koran atau situs internet, mencapai 90.000 euro.

Sementara itu, surat kabar dan situs-situs berita melakukan RUU baru ini. Koran politik Élet és Irodalom dan Harian Népszava menganggap peraturan baru pemerintah yang akan memberikan kekuasaan Dewan Media menerapkan sanksi --termasuk denda berat--- dianggap sebuah peraturan yang berat.

Erzsbet Menczer seorang politisi dan salah satu sponsor RUU ini mengatakan, parlemen mempunyai kewajiban untuk mengatur salah satu industri abad ke21 yang paling penting. Tujuan utamanya, tak lain melindungi kepentingan umum, katanya.

Sebagaimana diketahui, partai tengah-kanan yang berkuasa saat ini, pimpinan Perdana Menteri, Viktor Orbán, menguasai dua per tiga suara di parlemen. Karenanya, RUU ini diperkirakan, akan lolos di parlemen.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger